Update! Cara Mudah Mengambil Screenshot HP Xiaomi Terbaru

Mengambil gambar atau screenshot di ponsel pintar sebenarnya sangatlah mudah, namun ada beberapa pengguna smartphone khususnya ponsel Xiaomi yang masih bingung cara mengambil screenshot. Sebenarnya mengambil gambar di semua smartphone sama saja, yang membedakan nya hanya tombol yang digunakan dan beberapa aplikasi tambahan.

Dengan mengambil screenshot akan memudahkan anda untuk mengabadikan isi dari ponsel yang anda gunakan. Misalnya saja untuk mengabadikan chatingan yang sangat penting, dengan mengambil screenshot maka semua chatingan akan otomatis tersimpan dalam memori ponsel dalam bentuk gambar. Fitur ini sangat praktis sehingga menjadi salah satu fitur favorit yang sering digunakan.

Untuk pengguna Xiaomi, kali ini saya akan membagikan 5 cara screenshot Xiaomi terbaru untuk semua tipe Xiaomi. Namun berikut anda pahami dulu apa itu Screenshot

pengertian dari Screenshot Atau Screen Capture

Screenshot Atau Screen Capture adalah fitur untuk mengambil gambar pada layar/screen suatu perangkat,screenshot dulu nya banyak di gunakan di komputer,untuk mengambil gambar pada screen/layar komputer. Akan tetapi saat ini Screenshot atau Screen Capture tidak hanya tersedia di komputer, tapi juga sudah tersedia di berbagai os ponsel pintar seperti windows phone, ios,dan android.

saya harap anda mengerti dengan pengetian screen shot yang saya jelaskan secara singkat diatas

seperti saya jelaskan diatas ,fitur screenshot di hp Xiaomi sudah ada pada os bawaan setiap hp Xiaomi, jadi ketika kita ingin melakukan screen shot pada layar hp Xiaomi tinggal menggunakan fitur screen shot yang sudah tersedia tersebut.

Berikut saya jelaskan 5 cara Screenshot Xiaomi semua tipe.

ada 5 cara screenshot pada hp xiaomi

berikut tutorial lengkap 5 cara screenshot hp Xiaomi tersebut :

  • Cara Screenshot Layar Xiaomi 3 jari di layar tanpa menekan tombol apapun

Cara screenshot Xiaomi pertama hanya cukup meletakan 3 jari anda di layar, lalu usap atau geser ke bawah, otomatis hp Xiaomi anda gunakan akan melakukan screenshot atau proses tangkapan layar. Ini merupakan salah satu cara cepat screenshot hp Xiaomi yang tidak terlalu banyak pengguna yang mengetahuinya.

namun cara ini hanya berlaku apabila anda sudah aktifkan mode slide three fingers to take a screen shot

Cara aktifkan mode 3 jari di layar untuk screenshot hp Xiaomi tidak lah sulit, pertama anda harus ke menu settings Xiaomi. cara cepat masuk ke menu settings/pengaturan xiaomi, usap/geser layar paling atas,lihat di panel notifikasi paling atas sebelah kanan ada logo GEAR/ settings Xiaomi.

Setelah masuk ke menu Setting lalu pilih menu Additional Settings kemudian yang terakhir pilih Screenshot. Cara singkat Setting >>> Additional Settings >>> Screenshot.

Ketika sudah masuk ke menu settings screenshot Xiaomi, aktifkan fitur slide three fingers to take a screen shot/Just swipe 3 fingers at any screen, pastikan menu tersebut di aktifkan.

seperti pada gambar di bawah ini :

cara aktifkan slide three fingers to take a screen shot Xiaomi

Setelah aktifkan fitur tersebut, maka anda bisa mulai mencoba melakukan screenshot Xiaomi tanpa tekan tombol . Cukup letakan 3 jari di layar hp Xiaomi lalu usap/geser ke bawah. Biasanya di awal memang terasa sulit, setelah terbiasa pasti lebih mudah melakukan screenshot Xiaomi dengan 3 jari di banding dengan cara menekan tahan tombol yang ada di Xiaomi.

cara screenshot Xiaomi 3 jari ini hanya bisa di gunakan apabila hp Xiaomi anda sudah menggunakan os miui 8 atau versi lebih tinggi lainnya.

  • Cara screenshot Xiaomi dari Shortcut Menu atau menu pintas

Cara screenshot Xiaomi kedua juga tidak perlu menekan tahan tombol tertentu di hp Xiaomi, kita manfaatkan fitur menu pintasan atau shortcut menu yang ada pada setiap os miui di hp Xiaomi.

Agar bisa screenshot Xiaomi menggunakan shortcut menu/menu pintas tanpa harus menekan tombol tertentu di hp Xiaomi, anda harus aktifkan terlebih dahulu fitur shortcut menu miui xiaomi terlebih dahulu.

Cara aktifkan shortcut menu di Xiaomi cukup mudah, masuk ke menu settings/pengaturan, lalu pilih menu Additional Settings/menu tambahan, setelah itu cari Shortcut Menu /menu pintar.

  • cara singkat Xiaomi bahasa indonesia pengaturan >>>>Pengaturan Tambahan>>>> Menu Pintas
  • cara singkat Xiaomi bahasa inggris Setting >>>> Additional Settings >>>> Shortcut Menu

Setelah masuk ke shortcut menu atau menu pintas ini, pilih aktifkan /enable, jangan lupa pilih menu screenshot, pada Select Shortcuts/pilihan menu pintasan. Hilangkan mark menu lain jika anda tidak ingin terlalu banyak pilihan menu pada MENU PINTAS /SHORTCUT MENU.

Seperti gambar di bawah :

cara settings screen shot xiaomi dari menu pintas

setelah aktifkan menu dan melakukan setting yang benar pada menu pintas tersebut, maka anda bisa melakukan screenshot Xiaomi tanpa menekan tombol apapun, tinggal pilih menu pintas>>>lalu logo menu screenshot.

Baca juga :

  • cara screenshot layar Xiaomi dari Status Bar/menu pintas atas/Notification Panel

cara screen shot Xiaomi dari Notification Panel ATAU menu bar

Cara screenshot Xiaomi selanjutnya adalah menggunakan menu status bar atau menu pintasan atas.

Untuk melakukan screenshot dari menu bar atau menu pintasan diatas tidak lah sulit. Anda cukup geser jari dari sudut layar atas Xiaomi ke bawah, lalu cara quick menu screen shot pada menu bar/pintasan menu atas Xiaomi, jika sudah ketemu, pilih menu tersebut,

Setiap anda memilih quick menu screenshot, maka secara otomatis menghasilkan foto /gambar hasil screenshot tersebut yang tersimpan di galeri. Untuk melihat semua hasil screen shot layar Xiaomi anda bisa membuka galeri, lihat di folder galeri SCREENSHOT.

  • cara screenshot layar Xiaomi via tombol volume Down (- /minus)

cara screen shot Xiaomi tombol volume down(minus) + tombol power

Cara screenshot layar Xiaomi satu ini sudah banyak pengguna hp yang mengetahui, namum tidak semua berhasil menerapkan cara screenshot ini, karena kesalahan waktu menekan tombol tersebut tidak bersamaan.

di beberapa blog saya lihat hanya 1 opsi via tombol untuk screenshot layar Xiaomi yaitu Volume Down + Power Button, sebenarnya ada 2 opsi, saya lihat di blog menulis tombol power+volume, ini sebuah kesalahan, karena jika salah memilih opsi maka tidak heran banyak yang gagal melakukan screenshot pakai tombol volume di hp Xiaomi.

 

Cara yang benar adalah JANGAN TEKAN TOMBOL POWER TERLEBIH DAHULU. Namun tekan tahan tombol VOLUME DOWN terlebih dahulu, setelah anda menekan tahan volume down, baru tekan tombol POWER. Cukup sekali tekan seperti menggunakan tombol kamera.

Sebenarnya anda untuk screenshot Xiaomi via tombol bukan hanya satu opsi seperti volume down + tombol power. Namun anda bisa menggunakan kombinasi screenshot hp Xiaomi dengan tombol volume +menu key, yang ada pada sisi kiri dari menu home yang ada di bawah layar hp xiaomi.

tekan tahan volume down, jangan di lepaskan, lalu pilih menu key tersebut, maka secara otomatis hp Xiaomi anda akan melakukan screenshot layar/ foto layar.

  • Cara screenshot Xiaomi menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan tekan 1 tombol atau menu

Jika anda sudah bosan dengan 4 cara screenshot diatas, maka pilihan yang tepat adalah mengunakan cara kelima untuk screenshot layar xiaomi. Cara kelima menggunakan aplikasi pihak ketiga atau download aplikasi di playstore .

Silahkan anda cari aplikasi screenshot di google play store banyak tersedia, ada sebagian aplikasi yang memiliki fitur pengaturan untuk tombol pintas screenshot layar, jadi anda bisa mengatur tombol pintasan untuk screenshot contoh apabila tekan tahan menu home, maka akan langsung screenshot.

5 cara diatas bisa anda pilih salah satu dan di terapkan di hp Xiaomi anda, karena semua cara diatas support atau bisa di terapkan untuk semua type/seri hp xiaomi.

Demikian artikel mengenai Update! Cara Mudah Mengambil Screenshot HP Xiaomi Terbaru. Semoga bermanfaat..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *