Cara Memasang TWRP Recovery Xiaomi Semua Tipe

Terkadang kita sering mendengar nama TWRP dan CWM pada saat akan melakukan instalasi Os atau upgrade Os maupun memperbaiki file-file system os yang rusak tentunya perangkat android sudah memiliki hak akses (root) maupun untuk melakukan root dan flash firmware.

Mungkin bagi yang suka mengoprek ponselnya sudah paham mengenai apa itu TWRP

Bagi anda yang belum mengerti, saya coba jelaskan sedikit mengenai TWRP

 

Secara garis besar fungsi TWRP dan CWM adalah sama, yakni sama-sama untuk melakukan Recovery atau pemulihan, instalasi dan lain sebagainya untuk perangkat android, setiap android sudah pasti memiliki recovery bawaan (pabrik). Hanya saja TWRP dan CWM itu berbeda dari segi Disainnya atau tampilannya saja serta perangkat yang support menggunakan recovery tersebut juga ada sedikit perbedaan.

TWRP (Team Win Recovery Project) merupakan software open-source yang bermanfaat untuk mempermudah para pengguna melakukan perbaikan maupun instalasi OS Android yang bersifat open source.

Cara Memasang TWRP Xiaomi Semua Tipe Melalui ADB Fastboot

Sebelum memasang TWRP yang pertama kali anda butuhkan adalah file image dari TWRP sesuai dengan tipe perangkat android anda

Untuk mengetahuinya, gunakan aplikasi Official TWRP App yang tersedia di Google Playstore.

Anda bisa mengunduh disini atau melalui Google Playstore pada Xiaomi anda

Perlu kamu ketahui, aplikasi ini bukan untuk memasang TWRP pada HP Android anda, tapi untuk mengunduh image (file) TWRP yang tepat sesuai dengan tipe smartphone anda. Setelah mengunduh file TWRP, anda tetap harus melakukan flashing dengan ADB Fastboot menggunakan PC/Laptop.

Unduh dan install aplikasi Official TWRP App, kemudian jalankan..

Centang I agree, kemudian OK.

Selanjutnya pilih TWRP FLASH.

Pilih Select Devices,

Akan muncul seluruh daftar smartphone android yang tersedia. Silahkan anda pilih device sesuai perangkat anda atau anda mengetik perangkat anda pada kolom Search devices.

 

 

Klik file TWRP versi terbaru atau versi yang menurut anda sesuai dengan ROM yang anda gunakan saat ini, krena terkadang TWRP versi terbaru belum tentu cocok dengan ROM yang anda gunakan, jadi lebih baik anda cari tahu dulu TWRP versi berapa yang cocok untuk ROM anda.

Setelah mengklik TWRP, maka anda akan diarahkan ke Browser untuk mengunduh file TWRP yang sudah anda pilih.

Setelah selesai mengunduh, maka kita masuk ke proses memasang TWRP melalui ADB Fastboot.

Persyaratan sebelum melakukan flashing TWRP :

  • Pastikan baterai Xiaomi anda dalam keadaan full charged atau minimal 50%;
  • Kabel USB guna menyambungkan smartphone anda ke PC
  • Mengaktifkan USB Debugging Dan OEM Unlocking di perangkat Xiaomi
  • Smartphone kamuanda harus dalam keadaan unlock bootloader.
  • Jangan lupa backup terlebih dahulu data-data penting pada smartphone anda

 

Bahan yang dibutuhkan :

Unduh dan install Xiaomi Android USB Driver, berguna sebagai driver ADB Interface dan Bootloader Interface;

File image TWRP yang telah anda dapatkan dari aplikasi Official TWRP App, ganti nama menjadi twrp.img;

Download ADB driver installer  kemudian install. Ini berguna sebagai fastboot command dan masuk fastboot mode secara otomatis. Tetapi anda harus juga menginstall driver Xiaomi secara manual.

Untuk lebih mudah, gunakan MiFlash 2017 download, ektrak kemudian install. Mi Flash versi ini sudah include driver, jadi Anda tidak perlu mendownload driver. Apabila pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify “ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.

install Driver

Dan yang paling penting adalah file image dari TWRP yang sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi anda. Setelah mendownload, kemudian rename file menjadi twrp.img (untuk memudahkan). Kemudian pindahkan file ke directory c:/adb.

Langkah-langkah install TWRP Image

  1. Jika anda menggunakan Mi Flash maka anda masuk ke C:> Program Files > Xiaomi > MiPhone > Google > Android. Namun jika anda menggunakan adb-mininmal cari folder tersebut, kemudian pindahkan berkas TWRP yang telah kita download tadi.
  2. Matikan perangkat Xiaomi anda, setelah itu masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol volume (-) dan power secara bersamaan.
  3. Jika device anda sudah masuk kedalam mode fastboot, sambungkan perangkat menggunakan kabel data yang sudah di persiapkan. Kemudian, di folder recovery.img tadi tahan tombol shift dan klik kanan, pilih open command window here.
  4. Setelah muncul cmd windows, lakukan cek perangkat anda dengan cara mengetikan perintah : fastboot devices.
  5. Selanjutnya, untuk menginstall TWRP ketik perintah: fastboot flash recovery twrp.img
  6. Jika proses finished, anda bisa mencabut perangkat dari kabel data.
  7. Selesai!

Demikian tutorial singkat mengenai Cara Memasang TWRP Recovery Xiaomi Semua Tipe  Semoga bermanfaat..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *