Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung /Tidak Bisa Dibuka (Error)

Kamera Xiaomi Tidak Terhubung (Error)

flash-firmware.com | Halo sobat-sobat semua. Pada pembahasan kali ini, saya akan membagikan tips tutorial mengenai cara mengatasi kamera Xiaomi yang tidak terhubung/error.

Meski Smartphone Xiaomi sudah dibekali spesifikasi dan hardware terbaru Smartphone masa kini, namun tidak menutup kemungkinan masih adanya permasalahan-permasalahan pada Smartphone Xiaomi, sebagai contoh seperti kerusakan pada kamera Xiaomi yang tidak bisa dibuka Kebanyakan pengguna yang mengalami masalah pada kamera Xiaomi mereka bermula dari  kamera yang sangat lamban, bahkan terkadang membuat perangkat nge-hang, sehingga perlu restart.

Munculnya masalah pada kamera Xiaomi yang tidak terhubung, kebanyakan penyebabnya adalah pengguna yang melakukan flashing ROM atau melakukan update ROM ke versi terbaru dan ROM tersebut malah tidak cocok dengan ponsel Xiaomi tersebut, meski bisa juga kamera mati karena kerusakan perangkat kamera di hp yang digunakan.

Dan berikut saya akan membagikan cara mengatasi kamera Xiaomi anda yang tidak terhubung. Mungkin sebagian dari anda ada yang mengalami permasalahan seperti munculnya notifikasi “cannot connect to camera” setiap anda mau membuka kamera Xiaomi anda, namun cara ini kemungkinan tidak akan bekerja jika penyebab kamera Xiaomi anda mati dikarenakan hardware atau perangkat kamera di hp anda yang mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung /Tidak Bisa Dibuka (Error)

Berikut cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung..

Cara pertama yang mudah dan bisa juga anda terapkan untuk ponsel Xiaomi anda adalah dengan mengikuti langkah-langkah tutorial berikut Cara mengatasi Redmi 2 Kamera Tidak Terhubung. Cara tersebut bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah kamera tidak terhubung pada Xiaomi anda

Jika anda sudah mengikuti cara diatas namun belum berhasil, maka anda bisa mengikuti metode di bawah ini..

Hapus cache (Data) Aplikasi Kamera

Cara pertama, anda bisa mencoba menghapus cache/data pada aplikasi kamera. Caranya

  • Masuk ke Setting
  • Klik opsi Installed apps
  • Kemudian anda cari dan klik pada aplikasi Camera
  • Kemudian silahkan klik tombol Clear Data dan Clear Cache
  • Jika sudah, silahkan anda restart Xiaomi anda dan coba buka kembali kamera Xiaomi anda

Kebanyakan kasus, cara ini sudah berhasil untuk mengatasi kamera Xiaomi yang muncul “cannot connect to camera”

Hapus Cache Data Xiaomi

Jika anda masih mengalami hal yang sama, coba anda ikuti langkah-langkah diatas dengan membersihkan Data Xioami. Karena kemungkinan terjadi ROM yang corrupt. Sehingga anda perlu melakukan pembersihan data pengguna.

  • Pertama-tama anda matikan dahulu smartphone Xiaomi anda
  • Tekan tombol Power + Volume secara bersamaan dalam beberapa detik
  • Saat logo MI muncul, lepas semua tombol yang anda tekan tadi
  • Maka anda akan masuk menu Recovery, anda pilih saja Wipe Cache, Wipe User Data, Wipe All Data atau Wipe SD Card
  • Wipe Cache ini akan menghapus sistem cache pada smartphone dan akan memperbaiki ROM yang corrupt yang mung saja menyebabkan kamera anda tidak bisa diakses.
  • Lalu Wipe User Data ini akan menghapus semua data pengguna jika data menyebabkan ROM bermasalah
  • Sedangkan All Data akan menghapus semua data pengguna dan data aplikasi

Namun sebelum mengikuti cara ketiga dengan menghapus cache maka biasanya semua akun anda akan akan logout seperti BBM, WA, FACEBOOK dll jadikan pastikan dulu anda mengingat semua email dan passwordnya.

Flashing ROM (Upgrade/Downgrade)

Jika anda masih belum berhasil dengan cara yang pertama, maka anda bisa mencoba cara yang berikut. Memang lumayan lebih repot karena anda harus mem-flashing ulang Smartphone Xiaomi anda. Namun jika anda masih gagal dengan cara yang pertama, maka kemungkinan ROM yang anda gunakan tidak cocok atau mungkin banyak bug, cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan flashing ulang ke ROM bawaan atau downgrade ke ROM sebelumnya.

Bagi anda yang ingin melakukan flashing, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini Cara Lengkap Flashing Xiaomi Menggunakan System Update, Recovery Dan Fastboot. Dengan menyiapkan beberapa bahan berikut ini..

Bahan Flashing :

Cara-cara diatas adalah cara umum yang kebanyakan orang gunakan untuk mengatasi kamera Xiaomi yang tidak terhubung (error).

Demikian artikel kali ini mengenai tutorial Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung /Tidak Bisa Dibuka (Error). Semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih..

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *