Mengatasi Tablet Advan Mati total atau Hardbrick

Mengatasi Tablet Advan Mati total atau Hardbrick | flash-firmware.com Pada postingan kali ini, saya akan membagikan mengenai tablet Advan yang mati total (matot) atau hardbrik. Bagaimana cara mengatasi tablet Advan yang mati total karena kehabisan baterai? Kasus seperti ini sering terjadi  pada tablet China dan mungkin anda alami sendiri. Kurangnya kepedulian pada penggunaan baterai yang berlebihan memang menjadi salah satu penyebab, misal anda bermain game sambil mengecas tablet android anda tersebut atau ketika baterai sudah pada batas pengecasan 15% namun anda tetap memainkannya. Akibatnya, tablet mati mendadak karena baterai dalam keadaan kosong bahkan sampai tablet tersebut tidak mau dicas.

Permasalahan tersebut tidak hanya pada android China saja, android merk lain pun tentu saja juga bisa mengalami. Karena memang sebenarnya sangat direkomendasikan pengecasan baterai diatas 15% atau tidak sampai baterai kosong. Karena jika tablet android anda sudah rusak, maka jika anda membawanya ke konter pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Maka untuk mengatasi hal-hal tersebut, pada artikel berikut ini akan membagikan tentang bagaimana tips-tips sederhana jika anda mengalami permasalahan tersebut.

Mengatasi Tablet Advan Mati total atau Hardbrick

  • Silahkan anda bongkar tablet Advan anda dan lepaskan baterai dari tab, kemudian coba anda lakukan pengecasan pada tablet anda dengan charger/cas desktop(cas kodok)
  • Bila cara diatas tidak berhasil, silahkan anda coba cara kedua dengan melakukan pengecasan tablet anda melalui konektor USB pada laptop ataupun PC selama kurang lebih 3 jam
  • Namun bila kedua cara diatas masih belum bisa menghidupkan tablet anda, langkah yang anda dapat lakukan berikutnya adalah mendiamkan dahulu satu sampai dua hari tanpa melakukan pengecasan. Setelah anda diamkan, yang harus anda lakukan berikutnya adalah menghubungkan tablet anda ke laptop/PC untuk masuk Recovery Mode, dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan. Jika sudah masuk Recovery Mode, maka anda keluarkan kembali dari menu tersebut karena masuk Recovery Mode tersebut hanya sebagai pancingan agar tablet anda kembali hidup. Selanjutnya anda bisa melakukan pengecasan secara normal.

 

Bila semua cara diatas tidak berhasil, maka anda dapat melakukan hal berikut :

  • Jika tablet maupun smartphone anda masih bisa booting tapi stuck di boot logo, maka anda coba melakukan Wipe Data & Cache lewat Recovery Mode
  • Bila menggunakan Wipe Data & Cache lewat Recovery Mode masih belum berhasil, tetapi anda masih bisa masuk Recovery maka anda bisa mencoba melakukan flash ROM lain
  • Namun bila tidak dapat booting atau tidak bisa menyala tapi LED masih dapat berkedip dan masih bisa masuk ke Flash Mode & Download Mode, silahkan anda coba flash ulang firmware melalui PC
  • Dan langkah terakhir bila tablet maupun smartphone anda masih belum bisa hidup kembali dan benar-benar Hardbrick, maka sebaiknya anda membawa ke konter service terdekat di daerah anda.

Demikian sedikit tutorial mengenai Mengatasi Tablet Advan Mati total atau Hardbrick. Semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *