Tutorial Mudah Lock Jaringan 4G / LTE Xiaomi Tanpa Root Aplikasi

Tutorial Mudah Lock Jaringan 4G / LTE Xiaomi Tanpa Root Aplikasi – Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan kepada sobat semua sebuah tutorial mudah tentang bagaimana caranya mengunci jaringan 4G / LTE pada smartphone Xiaomi anda. Karena biasanya SIM Card tersebut memang hanya digunakan untuk koneksi internet saja, bukan untuk panggilan telepon.

Tapi sebelum anda melangkah ke proses tutorial, perlu anda pahami bahwa tutorial ini untuk mengunci, bukan membuka kunci. Oleh karena itu tutorial ini tidak berlaku pada Xiaomi yang terkena aturan pemerintah mengenai TKDN seperti pada smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Snapdragon (Kenzo) atau Redmi 3 / Pro (Ido).

Mengunci jaringan 4G anda berarti smartphone anda tetap berada di jaringan 4G / LTE meskipun nanti pada kondisi jaringan 4G di lokasi anda sedang buruk.

Kelebihan melakukan lock jaringan 4G/LTE :

  • Smartphone anda tetap berada di Jaringan 4G / LTE;
  • Cocok untuk SIM Card yang memang hanya digunakan untuk jaringan internet / modem, bukan untuk melakukan panggilan telepon.

Kekurangan melakukan lock jaringan 4G/LTE :

  • SIM Card anda yang dikunci pada jaringan 4G LTE, maka tidak dapat menerima panggilan telepon. Jika ditelepon nada yang diterima adalah sedang sibuk
  • Kemungkinan sinyal anda malah hilang no service atau koneksi internet semakin lemot jika lokasi anda berada nanti, tidak ada jaringan 4G atau jaringan 4G-nya jelek.

Seharusnya kondisi yang baik harus Prefer LTE atau kira-kira LTE » 3G » EDGE » GSM. Maka jika kondisi jaringan 4G/LTE anda sedang buruk, maka nantinya jaringan smartphone anda secara otomatis akan berpindah dari 4G ke 3G, dari 3G ke Edge dan seterusnya. Sehingga membuat koneksi internet smartphone anda tetap pada kondisi yang stabil.

Maka bisa diartikan bahwa koneksi internet smartphone anda akan lebih kencang dengan jaringan 3G dari pada 4G namun dalam kondisi yang buruk.

Jika anda sudah memahami, maka silahkan anda simak tutorial berikut ini..

 

Tutorial Mudah Lock Jaringan 4G / LTE Xiaomi Tanpa Root Aplikasi

  1. Untuk mengunci jaringan 4G / LTE sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu mengetik nomor kode rahasia berikut ini..

    *#*#4636*#*#

  2. Maka otomatis smartphone anda akan masuk pada tampilan seperti berikut ini..
  3. Silahkan anda pilih Phone information1 atau Phone information2 sesuai dengan letak SIM Card yang anda ingin kunci jaringan 4G-nya.
  4. Kemudian, klik pada “Set Preferred Network Type” 
  5. Silahkan anda pilih LTE Only
  6. Jika sudah, ketuk Kembali hingga keluar dari pengaturan di atas.
  7. Jika anda sudah sampai pada tahap ini, maka langkah mengunci jaringan 4G / LTE di smartphone anda sudah selesai.

Sebagai catatan, pengaturan di atas akan kembali ke pengaturan awal dimana jaringan terkuat yang terdeteksi jika anda merestart smartphone anda. Jadi, jika anda sehabis merestart smartphone anda, dan anda ingin me-lock jaringan 4G lagi, maka anda harus melakukan pengaturan lagi seperti langkah di atas setiap selesai restart.

Sekian tutorial singkat dari saya, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda. Terima kasih..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *